Jumat, 02 Desember 2016

Taman Simalem Resort, Pearl of Lake Toba

Bercerita mengenai wisata Sumatera Utara, identik dengan danau terluas di Indonesia, yaitu Danau Toba. Selain wisata Pantai Prapat yang terkenal dengan Pulau Samosirnya, ternyata ada tempat lain untuk menikmati Danau Toba lo. Lebih tepatnya menikmati Danau Toba dari Ketinggian. Kayaknya lagi hits banget nih menikmati pemandangan dari ketinggian. Anyway saya dapat kesempatan buat travelling ke medan, dan salah satu destinasi kami adalah Taman Simalem Resort.

Taman Simalem artinya nyaman dan sejuk. Dari namanya aja udah bikin penasaran. senyaman dan sesejuk apa sih? Resort ini berada di daerah Sidikalang, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara, sekitar 2 jam dari Medan. Memiliki luas 206 hektar yang terdiri dari beberapa bagian, diantaranya: One Tree Hill, Pearl of Lake Toba, Tongging Point, Lapangan Golf dan Kuil, Sidompak Camping (tempat kemping, naik kuda, kebun buah dan sayur) dll. Resort ini juga terdiri dari dua hotel dan satu vila.

Kami mulai perjalanan dari medan sekitar jam 10 pagi, perjalanan cukup lancar dengan jalan yang menanjak. Pemandangan alam mulai dari Berastagi ke Sidikalang sangat memanjakan mata, disertai oleh hawa sejuk khas dataran tinggi. Sekitar jam 12 siang kami sampai di Taman Simalem Resort. Sebelum masuk kami harus bayar karcis masuk dulu, dihitung per kendaraan yang dibawa. Satu mobil pribadi yang kami bawa wajib membayar Rp 350.000. Harga ini udah include beberapa voucher makan dan minum di cafe dan wahana outbond pada lingkungan resort. Setelah melewati gapura kami menjumpai sebuah air mancur buatan yang disebut dengan "Fountain of Wealth". Dari tugu ini ada empat akses jalan yang bisa kita pilih, pertama ke one tree hill, kemudian ke pearl of lake toba dan tongging point, sidompak camping, dan waterfall lodge, hotel, dan villa.

Fountain of Wealth
Sampai di komplek resort, suasana begitu tenang dan tidak terlalu banyak pengunjung, sangat jauh dari berisik, nyaman yes! Berhubung sudah agak siang, tidak semua bagian yang bisa kami kunjungi. Kami memutuskan untuk mengunjungi One Tree Hill, Pearl of Lake Toba, dan Tongging Point.

One Tree Hill adalah salah satu puncak tertinggi dari taman simalem resort, sekitar 1.200 m dari permukaan laut. Ikonnya adalah satu pohon yang berdiri dengan gagahnya di atas sebuah bukit mungil yang bisa dinaiki dengan tangga. Semacam pohon jomblo gitu. Berhubung lagi hamil muda, saya ga diizinin manjat buat foto dari dekat dengan pohon ini, fotonya dari bawah ajalah ya :D (ciee yang udah ga jomblo lagi). View favorit yang bisa dinikmati dari sini adalah pemandangan danau toba dan kampung nelayan tongging dari ketinggian. Angin sepoi-sepoi menyempurnakan suasana. Sejuk yes! Btw di area ini ada jalan treking menuju air terjun dan one tree hill cafe. Kita manjakan mata dan paru-paru dulu lah ya

one tree hill

Setelah puas foto-foto dan menikmati pemandangan menyejukkan di One Tree Hill, kami bertolak ke Tongging Point. disana ada hotel dan lodge juga lo, rata-rata tarifnya sekitar 2 jutaan semalam (alamak... nabung dulu kite cuy, wkwkwk). Pada area yang sangat luas ini banyak sekali tempat buat foto-foto. Mulai dari taman bunga, taman kelinci (bisa kasih makan kelinci juga lo), kolam ikan, dan ada tempat memanah juga buat anak kecil.

Salah satu yang menarik adalah area tempat menyimpan gembok cinta yang membentuk tulisan LOVE. Anak-anak muda yang lagi kasmaran bisa menulis nama mereka di kertas tebal warna merah yang sudah disediakan, trus memasang nama tersebut digembok cinta. Konon katanya bakal jodoh. Berhubung saya ga percaya hal semacam itu dan alhamdulillah udah dapat jodoh (haha), saya cuma ikut foto-foto aja disana. Selanjutnya kami menuju Pearl of Lake Toba. sebuah taman luas yang bisa digunakan untuk bersantai dan menikmati hawa sejuk segar khas dataran tinggi dan pemandangan Danau Toba dari sudut lain.

Salah satu spot unik adalah "Amphitheater" yaitu sebuah teater terbuka yang lokasi panggungnya seakan-akan tepat berada di tepi danau toba. dari lokasi ini saya dapat menikmati keindahan danau toba dari sisi berbeda dengan lokasi one tree hill tadi. Disini pengunjung seperti penonton yang akan melihat panggung dengan pemandangan danau toba sebagai latar belakangnya. Lokasi Amphiteater sendiri tepat berada di belakang Hotel Tongging. Pengunjung dapat menaiki bangku sekaligus sebagai tangga jika ingin mengunjungi hotel.

Amphitheater

Setelah puas jalan-jalan menikmati taman bunga dan keindahan amazing danau toba, kami nongkrong dulu di Kodon Cafe, salah satu cafe di resort ini. Saya pilih hot chocolate dan pisang goreng cokelat keju. Harganya relatif mahal ketimbang harga standar. But no problem soalnya kami pake voucher diskon yang didapat dari pintu masuk tadi. Dekat sini ada mart yang menjual aneka souvenir dan makanan juga loh.

Tak terasa waktu sudah menunjukkan pukul 3 sore, waktunya untuk cuss medan. Menurut saya nama resort ini cocok lah untuk menggambarkan suasana di sini, nyaman dan sejuk. Seperti mutiara yang selalu terlihat eksklusif dan menarik, Pearl of Lake Toba :D Reccomended banget buat yang pengen menyejukkan mata dari hiruk pikuk kota :D