Kamis, 05 Maret 2015

Pantai Carocok dan Bukit Langkisau, Eksotisme Pesisir Selatan

Hai haii.. Lama tak menulis karena berbagai kesibukan, saatnya rehat. Kali ini saya mau berbagi pengalaman traveling ke Painan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat. Sebagai pemudi minang harapan bangsa yang sudah stay di Padang, malu rasanya kalau tidak mengexplore wisata-wisata Sumbar yang begitu menarik dan belum terekspos. Seperti biasa perjalanan ini tanpa ada rencana sebelumnya. Kebetulan ada partner yang mau diajakin menggila, langsung cuss deh. :D

Perjalanan ke painan dimulai dari Kota Padang menggunakan mobil pribadi. Ditempuh dalam waktu sekitar 2 jam. Kami berangkat jam 8an pagi, jalannya relatif mulus dan datar, sellowww bro… Sekitar jam 10 kami sampai di pantai carocok. HTM Rp 5000 aja. Cuaca lagi bersahabat nih, ga panas terik, ga mendung juga. Langit biru awan putih.. aduhai indahnyaaa.. Yuk mariiiii foto-foto!!

Pantai carocok adalah pantai kebanggaan warga painan, ciri khasnya adalah jembatan panjang dari kayu berwarna oranye yang dapat ditelusuri menuju pulau mungil yang punya banyak bebatuan. Pasirnya relatif mulus dan berwarna keputihan. Ombaknya cenderung kecil dan tenang karena di laut lepas banyak ditemukan pulau-pulau kecil sehingga ombaknya sudah terpecah. Pulau-pulau ini dapat dikunjungi menggunakan boat yang banyak disewakan dari pantai carocok. Beberapa pulau itu antara lain pulau cingkuak, cubadak, pamutusan, dll. Di sana banyak ditemukan berbagai wahana water sport seperti jet sky, banana boat, snorkeling, diving, dll.

Karena saya harus kembali ke padang sebelum jam 4 sore, makan kami memutuskan untuk main-main di sekitaran pantai saja, tidak menuju pulau. Ada banyak lokasi yang bagus buat foto-foto. Selain di jembatan yang sangat eksotis, coba sedikit jalan ke depan ada lokasi pasir beserta batu karang dan tumbuhan laut ditemani air laut tenang berwarna hijau kebiruan mampu menarik hati saya untuk berlama-lama disini. Ngadeeemmm… Tak terasa waktu sudah menunjukkan pukul 12.00. Saatnya cus objek selanjutnya.

Sayang sekali kalau sudah di Painan tanpa mengunjungi Bukit Langkisau, dataran tinggi yang kalau ditempuh dari lokasi pantai carocok hanya berkisar 10-15 menit. Hati-hati jalan menuju sini cukup menanjak. Sesampai di sana, hawa sejuk langsung menyeruak. Bau pohon dan dedaunan segar khas dataran tinggi menusuk hidung. Yup, kami sudah berada sekitar 400 meter dpl. Yuhuuuuu!! Oia btw disini ga bayar tiket masuk, cukup parkiran aja. Pas buat anak kos seperti saya lah ya.

Saya langsung menuju ke titik pandang Bukit Langkisau. Dari sini terlihat pemandangan yang sangat menakjubkan. Laut pesisir selatan, perkebunan, dan wilayah painan dilihat dari ketinggian dibingkai oleh langit biru dan awan putih. Angin sepoi-sepoi bertiup membelai mesra saya. Perfect!! Saya ga lagi di surga kan? Hehe.

Lokasi ini merupakan salah satu spot favorit olahraga paralayang. Sayang pas saya ke sana belum ada, menurut warga di sana biasanya paralayang dimulai di sore hari dan full day pas weekend. Puas berfoto-foto, sekitar jam satuan kami langsung meluncur ke Padang. Perjalanan singkat dengan sejuta pengalaman luar biasa. Reccomended!!

Tips:
  1. Kalau mau menjajal water sport di pantai carocok, siapkan kostum renang/kostum ganti dan berangkat di pagi hari, biar puasnya poll
  2. Waktu terbaik mengunjungi pantai adalah pagi dan siang hari. Kalau mau sepi, waktu terbaik adalah weekday
  3. Jangan lupa pake sunblock n kacamata hitam, biar kece :D
  4. Kamera adalah must have item, kalo bisa camera underwater biar safety kalo nyemplung di air