Selasa, 23 Oktober 2012

Serunya Berwisata di Gunung Kidul

Belakangan ini teman-teman kampus lagi sibuk menyiapkan jadwal buat liburan di akhir minggu. Tujuannya buat menjalin silaturrahmi dan meningkatkan keakraban sesama mahasiswa baru di cluster HPM UGM. Seperti biasa, saya selalu bersemangat kalau soal jalan-jalan :D. Kami berkumpul jam 7 pagi di kampus tercinta dan berangkat menggunakan bis pariwisata. Bis-nya cukup bagus, full AC, ada ruangan khusus buat perokok, ada TV, dan bisa karokean. Selama perjalanan teman-teman pada karokean dan ketawa haha hihi. Oia sebelum berangkat kami dapat sarapan nasi uduk juga. Rencana perjalanan disusun sangat baik oleh teman-teman saya secara yang ikut lumayan rame dan banyak bapak-bapak dan ibu-ibunya. Pada pagi hari kami mau ke Gunung Kidul, menikmati salah satu pantai di sana, yaitu pantai indrayanti. Setelah itu lanjut menjelajahi gua pindul. Selama perjalanan di bis, kami dipandu oleh tour guide yang cukup ramah.

1. Pesona Pantai Indrayanti

Ini adalah kali pertama saya menjejakkan kaki di Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Lumayan jauh dari pusat Kota Jogja, sekitar 2 jam-an. Jalannya pun seperti jalanan padang-solok di Sumbar, mendaki bukit menuruni lembah, hehehe. Pantainya bersih dan rame, mungkin karena weekend. Kata tour guide kami, Pantai Indrayanti adalah pantai baru, namanya diambil dari nama anak pemiliknya, Indrayanti. Seru juga kali ya kalau ada pantai pakai nama saya :D. Pantai ini cukup landai dan memiliki pasir yang tidak terlalu putih,. Batu Karang besar seperti yang ada di tanah lot Bali juga ada di sini. Suasana yang cukup nyaman untuk berjemur (HAHAHA).

2. Cave Tubing di Gua Pindul

Ini kali pertama juga bagi saya ada di wira wisata gua pindul. Di sini kami akan menjelajahi gua yang panjangnya sekitar 350 m dan lebar hingga 5 m. Awal mendengar cave tubing agak serem juga yak, secara saya jarang berpetualang ekstrim gitu. Ternyata cave tubing itu cuma menelusuri sungai yang terdapat di dalam gua menggunakan ban gede. Aman buat semua usia karena airnya yang tenang. Gua pindul terdiri dari 3 zona: zona terang, zona remang, dan zona gelap. Sebelum beraksi, kami harus ganti baju dulu, soalnya mau basah-basahan. Kami juga dilarang pakai perhiasan, jam tangan, dan membawa dompet hingga handphone yang bertujuan agar tidak hilang dan basah selama perjalanan. Semua barang disimpan di tempat yang aman sama pihak wira wisata. Sebelum berpetualang, foto dulu yaaahhh…

Sebelum mulai cave tubing, kami wajib pakai baju pelampung, sepatu khusus, dan ban besar bulat sebagai teman perjalanan di dalam gua. Setiap 6 orang, ada 1 pendamping sekaligus tour guide kami. Mereka memakai senter di atas kepalanya sebagai penerang di dalam gua. Selama perjalanan, mas tour guide banyak sekali memberi informasi mengenai nilai historical gua ini. Dalam gua ada sebuah stalagmit yang meneteskan air suci, konon wanita yang terkena tetesan air itu bakal awet muda. Terus ada batu yang konon kalau seorang pria memegang batu itu, dia bakal perkasa. Wad de mhytos

Sebelum keluar dari gua, kami sampai di tempat yang cukup luas, ada setitik-titik sinar matahari masuk dari sela-sela atap gua. Di tempai ini kami bebas berenang dan foto-foto. Beberapa teman saya malah berenang lompat indah dari tebing dalam gua dengan ketinggian sekitar 3 – 4 m. Waahhhh sepertinya seru… Akhirnya saya ikutan lompat indah ala amateur. Dan ini adalah kali pertama saya lompat-lompatan dari tebing seperti ini. So awful!! Seru dan pengalaman yang tidak terlupakan, apalagi pas lompat dan kecebur dalam air. HIHI

Setelah puas, kami kembali ke tempat start menggunakan mobil pick up, seru juga naik mobil bak terbuka seperti ini. Bareng teman-teman pula.. Baju yang basah kuyup lumayan kering karena angin yang meniup kami selama perjalanan. Sampai di tempat awal, kami langsung disuguhi minuman wedang jahe, untuk menghangatkan tubuh. Setelah mandi dan bersih-bersih, saya makan nasi kotak yang sudah disediain pihak wisata, mayan lah rasa ikan bakarnya, manis khas Jogja.

3. Bukit Bintang

Tidak terasa waktu sudah menunjukkan pukul 4. Waktunya melanjutkan perjalanan. Kali ini kami mampir di Bukit Bintang, melihat keindahan Yogyakarta dari atas Bukit, Udara sejuk bertiup sepoi-sepoi. Di sini banyak ditemukan penjaja makanan mulai dari jagung bakar hingga nasi goreng. Puas berfoto-foto, kami meluncur pulang. Jam 7 magrib sampai jogja dengan selamat dan membawa pengalaman baru yang tak terlupakan. Thanks My Friends :D
bukit bintang
TIPS:
  1. Waktu terbaik mengunjungi pantai indrayanti dan gua pindul adalah pagi dan siang hari, saat hari masih cerah
  2. Sebaiknya hindari perjalanan waktu weekend. Rame nya pake banget!!