Kamis, 27 November 2014

Nasi Goreng Cumi vs Nasi Goreng Udang

Dalam dua minggu ini, saya mencicipi dua nasi goreng yang belum pernah saya coba sebelumnya. Kebetulan sekali keduanya adalah nasi goreng seafood, pertama khusus udang, dan satu lagi cumi. Nasi goreng udang alias nasi goreng seafood (nama menunya) saya coba di Resto Pelangi, Jl. Ratulangi, Makassar. Sementara nasi goreng cumi alias nasi goreng canggi (nama menunya) saya coba di Resto Goldena, Jl. Permindo, Padang. Jika dilihat dari segi lokasi dan tampilan resto, keduanya cukup strategis dan ramai dikunjungi pembeli. Suasananya sama-sama sederhana, tidak ada alunan musik. Sepertinya benar-benar mengandalkan cita rasa dan loyalitas pembeli.

Nah, berikut tampilan nasi goreng udang alias nasi goreng seafood ala resto pelangi: Warnanya merah merekah!! HEHE. Baru kali ini liat nasi goreng semerah itu, berasal dari warna saos sambel, dan tanpa kecap. Mungkin di Makassar sudah biasa kali ya. Plattingnya sangat sederhana, nasi goreng dikasi telor ceplok di atasnya, si udang keliatan malu-malu diantara nasi. Waktunya makan.. HAP! Wow rasanya enak juga, tapi saya tidak tau nasi gorengnya pakai bumbu apa, karena tidak ditemukan irisan bawang merah, bawang putih, maupun daun bawang di nasi gorengnya. Sepertinya bumbu rahasia. :D Udangnya segar dan lembut, menyatu dengan bumbu nasi goreng, mungkin karena restonya tidak terlalu jauh dari pantai.

nasi goreng udang alias nasi goreng seafood
Kemarin saya mencoba nasi goreng cumi alias nasi goreng canggi ala Resto Goldena, dari segi tampilan, yang ini lebih menggoda menurut saya. Warna nasi gorengnya standar nasi goreng kebanyakan, yang menarik adalah telur yang dipakai adalah telur puyuh, kemudian diberi daun selada, irisan tomat, bakso, ayam suwir, dan kerupuk. Tidak lupa cumi yang udah tercampur rata dengan nasi goreng. Lebih meriah ketimbang nasi goreng udang. Bikin pengen segera melahapnya. Waktunya makan.. NYaamm.. Hmm menurut saya rasanya biasa aja sih, standar. Sambelnya juga kurang matching dipadankan dengan nasi goreng, lebih cocok untuk sambel soto. Dari segi cita rasa sepertinya nasi goreng udang lebih unggul.

Nasi goreng cumi alias nasi goreng canggi
Jika dilihat dari segi porsi, hampir sama, sama-sama porsi jumbo, hehe. Walaupun dari cita rasa nasi goreng udang lebih unggul, Namun dari segi harga, nasi goreng udang rp 24.000, lebih mahal daripada nasi goreng cumi rp 16.000. Harga yang pantas untuk cita rasa yang ditawarkan. Selamat mencoba. :)

Rate:
Nasi Goreng Seafood alias udang: 4/5
Nasi Goreng Canggi alias cumi: 3/5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar