Minggu, 30 November 2014

Epi Info untuk Pemetaan Kesehatan

Epi Info adalah paket perangkat lunak epidemiologi yang dikembangkan oleh Center for Disease and Prevention (CDC) USA bekerja sama dengan WHO. Epi Info adalah tools (aplikasi) sederhana yang memungkinkan pengembangan secara cepat instrumen untuk pengumpulan dan analisa data, visualisasi, dan pelaporan menggunakan metode-metode epidemiologi.

Kelebihan aplikasi Epi Info antara lain:
  1. FREE, dapat digunakan secara gratis (public domain). Epi Info versi 3 bisa didownload di: http://www.cdc.gov/epiinfo
  2. USER FRIENDLY, dapat diaplikasikan pada daerah yang memiliki dokter, perawat, epidemiologist, dan tenaga kesehatan masyarakat lainnya yang belum menguasai IT
Tampilan halaman depan Epi Info versi 3
Fasilitas yang dimiliki oleh Epi Info meliputi seluruh kegiatan yang dibutuhkan oleh seorang epidemiologist atau mereka yang terlibat dalam kesehatan masyarakat, yaitu sebagai berikut:
  1. Make View, digunakan untuk mendesain kuesioner. Suatu proyek biasanya dimulai dengan menggunakan Modul Make View untuk menyusun form atau kuesioner survei, sekaligus secara otomatis membuat basis data.
  2. Enter Data, digunakan untuk memasukkan (entry) informasi yang diperoleh dari hasil survei ke dalam basis data.
  3. Analyze Data, merupakan program untuk melakukan analisis statistik dan laporan, serta membuat grafik dari data yang telah dimasukkan melalui Modul Enter Data.
  4. Epi Map, digunakan untuk membuat peta Sistem Informasi Geografis (SIG) dan menumpangsusunkan data survei pada peta tersebut.
  5. Epi Report, digunakan untuk menyusun presentasi dari hasil temuan.
Kali ini saya ingin membahas khusus mengenai Epi Map, karena menurut saya modul ini cukup rumit dibandingkan modul lain yang bisa dipelajari sendiri dengan cara learning by doing. Bagi yang tertarik mencoba, bisa langsung download file berikut ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar